Figur dan Tempat-Tempat Penting

Berikut adalah pengetahuan umum yang berkaitan dengan Aikido, beberapa figur serta lokasi-lokasi yang memegang peran dalam sejarah perkembangan Aikido hingga saat ini. Nama-nama yang termuat dalam artikel ini ditulis dengan format tradisional Jepang, yaitu dengan menempatkan nama keluarga di depan.

Figur:
Ueshiba Morihei
Pendiri Aikido, dikenal juga dengan sebutan O-sensei.

Ueshiba Yoroku
Ayah dari O-sensei, merupakan inspirator awal ketertarikan O-sensei akan ilmu beladiri. O-sensei mulai tertarik untuk belajar ilmu beladiri setelah menyaksikan sang ayah mengusir perampok yang menyatroni rumah keluarganya.

Takeda Sokaku
Guru dari O-sensei yang paling dikenal, ahli ilmu beladiri yang disebut Daito-ryu Aiki-jujutsu, yang merupakan akar dari Aikido.

Deguchi Onisaburo
Dikenal sebagai “guru spiritual” O-sensei, pemuka agama Shinto sekte Omoto. Bersumber dari ajaran Omoto-kyo, O-sensei menyertakan sedikit paham spiritual universal yang turut menjadi bagian dari Aikido.

Ueshiba Kisshomaru
Putra O-sensei, doshu (penjaga aliran) Aikido kedua, juga merupakan pelopor kurikulum formal Aikido modern. Aikikai secara formal berdiri dan secara aktif mulai mempromosikan diri ke seluruh dunia sejak berada di bawah kepemimpinan mendiang Ueshiba Kisshomaru.

Tohei Koichi
Satu-satunya uchi-deshi yang memegang sertifikat dan-10 langsung dari O-sensei, dan termasuk salah satu pencetus kurikulum Aikido. Setelah memisahkan diri dari Aikikai, Tohei-sensei mendirikan Ki no Kenkyukai.

Saito Morihiro
Salah satu uchi-deshi O-sensei yang diserahi tanggung jawab menjaga kediaman keluarga Ueshiba di Iwama. Hingga akhir hayatnya Saito-sensei tetap loyal dengan memegang tanggung jawab tersebut. Saito-sensei dikenal sebagai praktisi yang tetap mempertahankan bentuk teknik dari O-sensei.

Ueshiba Moriteru
Cucu dari O-sensei, putra dari mendiang Ueshiba Kisshomaru, Aikido-doshu yang sekarang tengah menjabat.

Ueshiba Mitsuteru
Putra dari Ueshiba Moriteru-doshu, dikenal dengan sebutan “waka-sensei” atau “guru muda”. Calon penerus doshu berikutnya.

Tada Hiroshi
Salah satu uchi-deshi O-sensei, merupakan shihan yang paling senior (dan-9) di Aikikai saat ini dan merupakan penanggung jawab studi dari Waka-sensei.

Fujita Masatake
Shihan yang memegang jabatan sebagai penanggung jawab teknik Aikikai sekarang.

Hirai Minoru
Pencetus nama “Aikido”

Peter Goldsbury
Ketua International Aikido Federation (IAF), organisasi yang berada dibawah pengawasan Aikikai Honbu Dojo, yang merupakan wadah keorganisasian dari seluruh dojo Aikikai di seluruh dunia.

Tempat:
Tanabe, Wakayama-ken
Tanah kelahiran O-sensei.

Iwama, Ibaraki-ken
Lokasi kediaman keluarga Ueshiba di masa PD II, sekaligus dojo rahasia selama diberlakukannya larangan latihan ilmu beladiri. Di lokasi ini sekarang berdiri kuil Shinto milik Keluarga Ueshiba yang lebih dikenal dengan sebutan Aiki-Jinja.

Shirataki, Hokkaido
Lokasi transmigrasi keluarga Ueshiba, di kota ini pula O-sensei pertama kali secara formal mempelajari Daito-ryu Aiki-jujutsu dibawah arahan langsung dari Takeda Sokaku.

Ayabe
Lokasi yang yang menjadi basis pengikut Omoto-kyo, juga merupakan tempat dimana O-sensei mendirikan dojo pertamanya dengan bantuan Deguchi Onisaburo.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s